Jenis-Jenis Pengemasan Barang dan Cargo

Mengemas barang atau packing barang sudah  menjadi keharusan bagi jasa ekspedisi, karena ini sangatlah penting agar terhindar dari suatu masalah “kerusakan barang”. Pengemasan barang ini berguna agar barang yang akan dikirim aman dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan goresan dan benturan.

Berikut adalah jenis-jenis pengemasan barang dan cargo :

Pengemasan Menggunakan Plastik

Pengemasan menggunakan plastik ini seringkali digunakan dalam proses pengemasan barang, karena plastik ini menjaga barang dari air dan juga goresan. Biasanya digunakan untuk berbagai jenis barang.

Pengemasan Menggunakan Bubble Warp

Walaupun terbuat dari plastik, bubble warp mempunyai kegunaan yang berbeda dengan plasstik biasa, yaitu menjaga varang dari bentura. karena bubble wrap terdapat banyak gelembung udara yang dapat meredam benturan. biasanya digunakan untuk jenis barang yang rentan rusak/pecah, contohnya kaca, barang eletronik, dll.

Pengemasan menggunakan Kardus

Penggunaan kardus dalam proses pengemasan bertujuan untuk melindungi barang dari goresan. Biasanya digunakan untuk jumlah barang yang banyak. 

Pengemasan menggunakan Karung

Karung biasanya digunakan sebagai pengemas ekstra atau pelindung terluar. Contohnya, jika barang sudah dipacking dengan plastik dan bubble wrap, biasanya akan di bungkus lagi menggunakan karung. 

Pengemasan menggunakan Kayu

Peti kayu biasanya berfungsi sebagai pengemas ekstra juga, sebagai pelindung terluar dari barang yang sudah dikemas. Peti kayu bisa berupa rangka yang dibuat dari papan yang memiliki jarak atau celah, atau berupa kotak kayu yang tertutup rapat. Biasanya digunakan untuk jenis barang yang ukurannya besar dan jumlah yang banyak, seperti mesin pertanian, dll

Nah, itulah jenis-jenis pengemasan barang yang biasanya digunakan oleh jasa ekpedisi. Untuk pengemasan barang yang dilakukan oleh BIA Trans selalu mengutamakan, maka dari itu anda bisa menggunakan jasa ekspedisi kami. Untuk membuktikannya anda bisa langsung menghubungi staff marketing kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *